Behind the Scene Penyusunan Riset TIK AKN

Pada awal semester 6 ini, kami mendapat tugas dari Pak Heru Akhmadi untuk membuat suatu karya tulis ilmiah tentang teknologi informasi dan komunikasi. Tugas ini dikerjakan secara berkelompok yang beranggotakan 3-4 orang dalam setiap kelompok. Penentuan anggota kelompok ditentukan secara acak dan saya mendapat kelompok 3 bersama Adib El Khilla dan Adjie Aria Putra. Setelah mendapat tugas tersebut, kami membuat grup whatsapp untuk memudahkan komunikasi dalam penyusunan KTI tersebut. Hal pertama yang kami bahas dalam grup adalah penentuan tema. Kami melakukan brainstorming untuk menentukan tema yang akan kami angkat dalam karya tulis. Ada banyak kemungkinan pada saat brainstorming diantaranya tentang pemanfataan media penyimpanan online, reservasi tiket online, social media, dan digital repository. Akhirnya kami memilih digital repository untuk dijadikan tema karya tulis kami karena digital repository sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan tinggi dan sedang dikembangkan dalam era sekarang ini. Diantara banyak jenis digital repository, kami memilih google scholar untuk mempersempit area bahasan karena google scholar lebih banyak dipakai dan mudah diakses. Kami membatasi objek penelitian hanya mahasiswa Kebendaharaan Negara. Dan akhirnya judul yang kami pilih adalah Tinjauan Pemanfaatan Google Scholar pada Mahasiswa Kebendaharaan Negara PKN STAN.
Kemudian kami berkumpul untuk membahas kelanjutan dari karya tulis kami. Pada saat itu bertepatan dengan acara ice cream festival Kebendaharaan Negara. Setelah acara tersebut selesai, kami bertiga berkumpul untuk membahas konten pertanyaan kuesioner, struktur karya tulis, timeline tahapan karya tulis, dan pembagian tugas masing-masing. Pada hari selanjutnya kami mulai menyusun kuesioner. Kuesioner dibuat dalam bentuk cetak karena akan lebih memudahkan untuk mengumpulkan responden dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang relatif cepat. Kuesioner disebarkan untuk seluruh mahasiswa Kebendaharaan Negara tingkat 3. Kami membagi tugas dalam menyebarkan kuesioner, Adib memegang kelas 5A dan 5B, Adjie memegang kelas 5E dan 5F, dan Anggita memegang Kelas 5C dan 5D. Dalam penyebaran kuesioner, banyak mahasiswa yang tidak mengetahui google scholar. Hal ini cukup membuat kami kesulitan untuk mendapatkan jumlah responden sesuai target karena banyak mahasiswa tidak mau mengisi kuesioner. Seminggu setelah menyebarkan kuesioner, kami mulai merekap dan memulai penulisan pembahasan karya tulis. Selama waktu penyebaran kuesioner, kami sudah memulai penulisan bagian pendahuluan. Setelah data rekapitulasi terkumpul, kami menyusun bersama pembahasan dan penutup karya tulis.  Karena responden yang mengetahui tidak lebih dari 30%, Kami cukup kesulitan dalam menarik kesimpulan dan saran pengembangan kedepannya. Karya tulis bagian pertama ini kami kumpulkan via email pada tanggal 25 Oktober 2016.

Pada hari yang sama, Pak Heru membalas email tugas yang Kami kirimkan dan memberi arahan untuk menyempurnakan karya tulis yang disusun dengan menambahkan literatur, menambah responden dan batas waktu pengumpulan diundur hingga UAS semester 6. Sebenarnya pada awal pertemuan mata kuliah Aplikasi Keuangan Negara, kami diberi 2 tugas karya tulis, karya tulik TIK dan karya tulis tematik. Namun, karena hampir semua karya tulis TIK di kelas 5F direvisi dan agar kualitas tulisan yang dihasilkan dapat maksimal, akhirnya karya tulis tematik ditiadakan. Pak Heru mengarahkan kami untuk fokus pada pengerjaan karya tulis TIK yang direvisi. Pak Heru juga mengatakan, jika memungkinkan karya tulis yang sedang disusun agar diarahkan ke bidang keuangan negara dan salah satu judul karya tulis yang sangat memungkinkan untuk dihubungkan dengan keuangan negara adalah karya tulis kelompok Kami. Konsekuensinya, Kami harus mengubah batasan, objek, dan judul karya tulis. Agar penyusunan karya tulis ini sesuai dengan arahan Pak Heru, kami berkonsultasi terkait hal-hal yang harus diperbaiki. 

Setelah berkonsultasi, judul Kami mengalami perubahan menjadi Tinjauan Pemanfaatan Digital Repository dalam Aktivitas Penelitian di Lingkungan Politeknik Keuangan Negara STAN. Dengan perubahan tersebut, Kami perlu mengubah pertanyaan kuesioner dan target responden. Responden yang awalnya hanya mahasiswa KBN diperluas menjadi civitas akademika yang meliputi mahasiswa seluruh jurusan dan dosen. Perluasan responden tentu menjadi kendala baru, karena Kami harus mengumpulkan data minimal yang cukup banyak agar penelitian yang dihasilkan cukup valid. Awalnya Kami membuat kuesioner dalam bentuk form online karena Kami berfikir agar mudah dibagikan ke seluruh mahasiswa dan praktis. Tetapi hingga mendekati waktu pengumpulan karya tulis, hanya sekitar 50 responden yang mengisi form online tersebut. Padahal link kuesioner sudah Kami sebarluaskan ke banyak grup mahasiswa. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat form cetak agar pengumpulan data responden lebih cepat. Kami mengambil satu kelas dari tiap-tiap spesialisasi agar distribusi data responden dapat merata. Pembagian tugas dalam kelompok, Adib memegang kuesioner untuk spesialisasi Akuntansi, Kebendaharaan Negara, dan Manajemen Aset; Adjie memegang kuesioner untuk spesialisasi Pajak dan Akuntansi Khusus; dan Anggita memegang kuesioner untuk spesialisasi Penilai dan Bea Cukai. Untuk data responden dosen, kami meminta data ke ruang dosen di gedung B lantai 1 dan lantai 3 serta di tiap-tiap gedung perkuliahan. Pengumpulan data dosen cukup sulit, karena tidak semua dosen berada di ruang dosen pada saat kami datang ke gedung B. Namun, Kami terus berusaha mengumpulkan data responden untuk mendapatkan data yang mendekati target yang ditentukan. Akhirnya kami mendapatkan 214 responden mahasiswa dan 25 responden dosen. Sambil menunggu kuesioner terkumpul, kami mulai merevisi bagian pendahuluan dan kajian literatur. Setelah data kuesioner terkumpul dan direkapitulasi, Kami mulai menyusun ulang pembahasan dan penutup. Penyusunan ulang karya tulis ini cukup mudah karena prinsipnya tidak jauh berbeda dengan karya tulis yang telah Kami susun sebelumnya. Alhamdulillah, kami dapat menyelesaikan penulisan Karya Tulis bagian kedua ini sebelum batas waktu pengumpulan yang ditentukan. Karya tulis ini dapat selesai dan kami kirimkan via email pada tanggal 14 Desember 2016.

Melalui karya tulis ini, saya belajar banyak hal. Diperlukan kerja keras, kesabaran, pengorbanan waktu dan tenaga untuk dapat menyelesaikan karya tulis ini. Kami harus pandai-pandai memanfaatkan waktu untuk menyelesaikan setiap langkah dalam penyusunan karya tulis ini. Selain itu, dalam kerja tim semua anggota kelompok harus turut berperan aktif agar dapat mencapai tujuan bersama dan berhasil bersama. Kami juga harus menyiapkan rencana cadangan ketika rencana yang telah kami buat tidak berjalan misalnya penggantian form online dengan form cetak. Kemampuan komunikasi juga diperlukan khusunya dalam mendapatkan data responden agar karya tulis kami dapat tersusun. Perlu usaha maksimal disertai doa  untuk mendapatkan hasil terbaik.
Terima kasih kepada Pak Heru yang telah membantu mengarahkan Kami dalam penyusunan tugas karya tulis ini. Terima kasih kepada teman-teman kelas 5F, teman-teman responden, dan Bapak Ibu dosen PKN STAN yang telah mendukung kelompok 3 dalam penyusunan karya tulis ini. Terima kasih tim kelompok 3 (Adib dan Adjie) atas kerja keras dan kebersamaannya. Maaf kalau Anggita banyak salah selama bekerja bersama kalian. Semoga karya tulis yang telah kita susun dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang membutuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klaten

Laporan Pengamatan

Kawan