Behind the Scene Penyusunan Riset TIK AKN
Pada awal semester 6 ini, kami mendapat
tugas dari Pak Heru Akhmadi untuk membuat suatu karya tulis ilmiah tentang
teknologi informasi dan komunikasi. Tugas ini dikerjakan secara berkelompok
yang beranggotakan 3-4 orang dalam setiap kelompok. Penentuan anggota kelompok
ditentukan secara acak dan saya mendapat kelompok 3 bersama Adib El Khilla dan
Adjie Aria Putra. Setelah mendapat tugas tersebut, kami membuat grup whatsapp
untuk memudahkan komunikasi dalam penyusunan KTI tersebut. Hal pertama yang
kami bahas dalam grup adalah penentuan tema. Kami melakukan brainstorming untuk
menentukan tema yang akan kami angkat dalam karya tulis. Ada banyak kemungkinan
pada saat brainstorming diantaranya tentang pemanfataan media penyimpanan
online, reservasi tiket online, social media, dan digital repository. Akhirnya kami
memilih digital repository untuk dijadikan tema karya tulis kami karena digital
repository sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan tinggi dan sedang
dikembangkan dalam era sekarang ini. Diantara banyak jenis digital repository,
kami memilih google scholar untuk mempersempit area bahasan karena google
scholar lebih banyak dipakai dan mudah diakses. Kami membatasi objek penelitian
hanya mahasiswa Kebendaharaan Negara. Dan akhirnya judul yang kami pilih adalah
Tinjauan Pemanfaatan Google Scholar pada Mahasiswa Kebendaharaan Negara PKN
STAN.
Kemudian kami berkumpul untuk membahas
kelanjutan dari karya tulis kami. Pada saat itu bertepatan dengan acara ice
cream festival Kebendaharaan Negara. Setelah acara tersebut selesai, kami bertiga
berkumpul untuk membahas konten pertanyaan kuesioner, struktur karya tulis,
timeline tahapan karya tulis, dan pembagian tugas masing-masing. Pada hari
selanjutnya kami mulai menyusun kuesioner. Kuesioner dibuat dalam bentuk cetak
karena akan lebih memudahkan untuk mengumpulkan responden dalam jumlah banyak
dan dalam waktu yang relatif cepat. Kuesioner disebarkan untuk seluruh
mahasiswa Kebendaharaan Negara tingkat 3. Kami membagi tugas dalam menyebarkan
kuesioner, Adib memegang kelas 5A dan 5B, Adjie memegang kelas 5E dan 5F, dan
Anggita memegang Kelas 5C dan 5D. Dalam penyebaran kuesioner, banyak mahasiswa
yang tidak mengetahui google scholar. Hal ini cukup membuat kami kesulitan
untuk mendapatkan jumlah responden sesuai target karena banyak mahasiswa tidak
mau mengisi kuesioner. Seminggu setelah menyebarkan kuesioner, kami mulai
merekap dan memulai penulisan pembahasan karya tulis. Selama waktu penyebaran
kuesioner, kami sudah memulai penulisan bagian pendahuluan. Setelah data
rekapitulasi terkumpul, kami menyusun bersama pembahasan dan penutup karya
tulis. Karena responden yang mengetahui
tidak lebih dari 30%, Kami cukup kesulitan dalam menarik kesimpulan dan saran
pengembangan kedepannya. Karya tulis bagian pertama ini kami kumpulkan via
email pada tanggal 25 Oktober 2016.
Pada hari yang sama, Pak Heru membalas
email tugas yang Kami kirimkan dan memberi arahan untuk menyempurnakan karya
tulis yang disusun dengan menambahkan literatur, menambah responden dan batas
waktu pengumpulan diundur hingga UAS semester 6. Sebenarnya pada awal pertemuan
mata kuliah Aplikasi Keuangan Negara, kami diberi 2 tugas karya tulis, karya
tulik TIK dan karya tulis tematik. Namun, karena hampir semua karya tulis TIK
di kelas 5F direvisi dan agar kualitas tulisan yang dihasilkan dapat maksimal,
akhirnya karya tulis tematik ditiadakan. Pak Heru mengarahkan kami untuk fokus pada
pengerjaan karya tulis TIK yang direvisi. Pak Heru juga mengatakan, jika
memungkinkan karya tulis yang sedang disusun agar diarahkan ke bidang keuangan
negara dan salah satu judul karya tulis yang sangat memungkinkan untuk
dihubungkan dengan keuangan negara adalah karya tulis kelompok Kami. Konsekuensinya,
Kami harus mengubah batasan, objek, dan judul karya tulis. Agar penyusunan
karya tulis ini sesuai dengan arahan Pak Heru, kami berkonsultasi terkait hal-hal
yang harus diperbaiki.
Setelah berkonsultasi, judul Kami mengalami perubahan
menjadi Tinjauan Pemanfaatan
Digital Repository dalam Aktivitas
Penelitian di
Lingkungan Politeknik Keuangan Negara STAN. Dengan perubahan tersebut, Kami perlu mengubah pertanyaan kuesioner
dan target responden. Responden yang awalnya hanya mahasiswa KBN diperluas
menjadi civitas akademika yang meliputi mahasiswa seluruh jurusan dan dosen. Perluasan
responden tentu menjadi kendala baru, karena Kami harus mengumpulkan data minimal
yang cukup banyak agar penelitian yang dihasilkan cukup valid. Awalnya Kami
membuat kuesioner dalam bentuk form online karena Kami berfikir agar mudah
dibagikan ke seluruh mahasiswa dan praktis. Tetapi hingga mendekati waktu
pengumpulan karya tulis, hanya sekitar 50 responden yang mengisi form online
tersebut. Padahal link kuesioner sudah Kami sebarluaskan ke banyak grup
mahasiswa. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat form cetak agar pengumpulan
data responden lebih cepat. Kami mengambil satu kelas dari tiap-tiap spesialisasi
agar distribusi data responden dapat merata. Pembagian tugas dalam kelompok,
Adib memegang kuesioner untuk spesialisasi Akuntansi, Kebendaharaan Negara, dan
Manajemen Aset; Adjie memegang kuesioner untuk spesialisasi Pajak dan Akuntansi
Khusus; dan Anggita memegang kuesioner untuk spesialisasi Penilai dan Bea
Cukai. Untuk data responden dosen, kami meminta data ke ruang dosen di gedung B
lantai 1 dan lantai 3 serta di tiap-tiap gedung perkuliahan. Pengumpulan data
dosen cukup sulit, karena tidak semua dosen berada di ruang dosen pada saat
kami datang ke gedung B. Namun, Kami terus berusaha mengumpulkan data responden
untuk mendapatkan data yang mendekati target yang ditentukan. Akhirnya kami
mendapatkan 214 responden mahasiswa dan 25 responden dosen. Sambil menunggu
kuesioner terkumpul, kami mulai merevisi bagian pendahuluan dan kajian
literatur. Setelah data kuesioner terkumpul dan direkapitulasi, Kami mulai
menyusun ulang pembahasan dan penutup. Penyusunan ulang karya tulis ini cukup
mudah karena prinsipnya tidak jauh berbeda dengan karya tulis yang telah Kami
susun sebelumnya. Alhamdulillah, kami dapat menyelesaikan penulisan Karya Tulis
bagian kedua ini sebelum batas waktu pengumpulan yang ditentukan. Karya tulis
ini dapat selesai dan kami kirimkan via email pada tanggal 14 Desember 2016.
Melalui karya tulis ini, saya belajar
banyak hal. Diperlukan kerja keras, kesabaran, pengorbanan waktu dan tenaga untuk
dapat menyelesaikan karya tulis ini. Kami harus pandai-pandai memanfaatkan
waktu untuk menyelesaikan setiap langkah dalam penyusunan karya tulis ini. Selain
itu, dalam kerja tim semua anggota kelompok harus turut berperan aktif agar
dapat mencapai tujuan bersama dan berhasil bersama. Kami juga harus menyiapkan
rencana cadangan ketika rencana yang telah kami buat tidak berjalan misalnya
penggantian form online dengan form cetak. Kemampuan komunikasi juga diperlukan
khusunya dalam mendapatkan data responden agar karya tulis kami dapat tersusun.
Perlu usaha maksimal disertai doa untuk
mendapatkan hasil terbaik.
Terima kasih kepada Pak Heru yang telah
membantu mengarahkan Kami dalam penyusunan tugas karya tulis ini. Terima kasih
kepada teman-teman kelas 5F, teman-teman responden, dan Bapak Ibu dosen PKN
STAN yang telah mendukung kelompok 3 dalam penyusunan karya tulis ini. Terima kasih
tim kelompok 3 (Adib dan Adjie) atas kerja keras dan kebersamaannya. Maaf kalau
Anggita banyak salah selama bekerja bersama kalian. Semoga karya tulis yang
telah kita susun dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang membutuhkan.
Komentar
Posting Komentar